Profil

profil Kantor Regional II bkn Surabaya

Sejarah

Sejarah Kantor Regional II BKN Surabaya

Setelah proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus 1945, Pemerintah Republik Indonesia secara resmi menyatakan bahwa segenap pegawai dari bekas Pemerintah Belanda dan Jepang dengan sendirinya menjadi Pegawai Pemerintah Republik Indonesia. Pada saat bangsa Indonesia sedang dalam kancah perjuangan untuk mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Pemerintah Republik Indonesia membentuk Kantor Urusan Pegawai (KUP) dengan Peraturan Pemerintah No. 11 Tahun 1948 tanggal 30 Mei 1948. Dan inilah menjadi cikal bakal Badan Kepegawaian Negara dan kemudian berdasarkan keputusan Kepala Badan Administrasi Kepegawaian Negara (BAKN) Nomor  27/KEP/1999 tanggal tersebut ditetapkan menjadi hari jadi Badan Kepegawaian Negara (BKN). Dengan demikian maka tanggal 30 Mei 1948 merupakan titik awal perjalanan pengabdian BKN.

Karena semakin berkembangnya masalah kepegawaian dan untuk mempercepat pelayanan di bidang kepegawaian, berdasarkan keputusan Kepala Badan Administrasi Kepegawaian Negara Nomor 212/KEP/1984 tanggal 10 Juli 1984 dibentuklah Kantor Wilayah II Badan Administrasi Kepegawaian Negara yang berkedudukan di Surabaya dengan wilayah kerja provinsi daerah wilayah tingkat I Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur dan Timor Timur yang selanjutnya dalam keputusan ini disebut Kanwil II BAKN yang berkedudukan langsung di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala BAKN.

Seiring semakin pesatnya perkembangan di bidang kepegawaian dengan bergesernya paradigma dari administrasi kearah manajemen sumber daya manusia, BAKN juga melakukan reformasi kepegawaian dengan mengubah BAKN menjadi Badan Kepegawaian Negara (BKN) dengan Keputusan Presiden Nomor 95 tahun 1999 tanggal 11 Agustus 1999. Keberadaan BKN ini kemudian diperkuat Undang-Undang Nomor 43 Tahun 1999 tentang perubahan atas Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1974 tentang pokok-pokok kepegawaian. Dengan begitu maka Kanwil II BAKN Surabaya berubah menjadi Kantor Regional II BKN dengan keputusan Kepala Badan Kepegawaian Negara Nomor 59 Tahun 2000 tentang struktur organisasi Kantor Regional Badan Kepegawaian Negara.

Nama Pejabat dan Masa Jabatan Kepala Kantor Regional II Badan Kepegawaian Negara Surabaya :

  1. Soediman

Kepala Kantor Wilayah II Badan Administrasi Kepegawaian Negara Surabaya

Periode : 14 Juli 1984 sampai dengan 21 Juni 1988

  1. Bambang Sugeng, S.H.

Kepala Kantor Wilayah II Badan Administrasi Kepegawaian Negara Surabaya

Periode : 21 Juni 1988 sampai dengan 17 Januari 1995

  1. Rafael Djari

Kepala Kantor Wilayah II Badan Administrasi Kepegawaian Negara Surabaya

Periode : 17 Januari 1995 sampai dengan 13 Juni 2001

  1. Sulardi, M.M.

Kepala Kantor Regional II Badan Kepegawaian Negara Surabaya

Periode : 13 Juni 2001 sampai dengan Nopember 2006

  1. Murgiyono, M.Si.

Kepala Kantor Regional II Badan Kepegawaian Negara Surabaya

Periode : 2 Februari 2007 sampai dengan 10 Agustus 2008

  1. Yulina Setiawati. NN, S.H., M.M.

Kepala Kantor Regional II Badan Kepegawaian Negara Surabaya

Periode : 11 Agustus 2008 sampai dengan 11 Mei 2011

  1. Darmanto, S.H., M.Si

Kepala Kantor Regional II Badan Kepegawaian Negara Surabaya

Periode : 21 Juni 2011 sampai dengan 11 Agustus 2015

  1. Ida Ayu Rai Sri Dewi, S.H., M.Si.

Kepala Kantor Regional II Badan Kepegawaian Negara Surabaya

Periode : 11 Agustus 2015 sampai dengan 19 Desember 2016

  1. Tauchid Djatmiko, S.H., M.Si.

Kepala Kantor Regional II Badan Kepegawaian Negara Surabaya

Periode : 19 Desember 2016 sampai dengan sekarang.

Visi & Misi

VISI :

Menjadi Pembina dan Penyelenggara Manajemen Kepegawaian yang Profesional dan Bermartabat Tahun 2025

MISI :

  1. Mengembangkan Sistem Manajemen Kepegawaian Negara;
  2. Mengembangkan Sistem Pelayanan Kepegawaian;
  3. Mengembangkan Manajemen Internal BKN.

Bidang Tata Usaha

Mutasi & Status Pegawai

Pensiun & Pengangkatan

Informasi Kepegawaian

Supervisi Kepegawaian

simulasi

Hasil Simulasi CAT 2019

Berdasarkan hasil simulasi CAT pada tanggal 21-22 Agustus 2019 di kantor Regional II BKN Surabaya dalam rangka Semarak HUT RI-74 maka bersama ini kami informasikan bahwa pelaksanaan Simulasi CAT berjalan lancar. Simulasi CAT ini merupakan bentuk partisipasi BKN dalam hal ini Kantor Regional II BKN surabaya dalam rangka mengisi peringatan HUT RI-74.

Peserta mengikuti simulasi dengan tertib dan antusias. Dari 1000 peserta terdaftar 455 peserta hadir mengikuti simulasi.  Hasil simulasi CAT ini tidak dapat dijadikan parameter dalam kelulusan seleksi CPNS yang sesungguhnya, karenanya peserta diharapkan dapat menjadikan hasil ini sebagai bahan evaluasi dalam meningkatkan kemampuannya untuk mendapatkan hasil yang terbaik dalam menghadapi CPNS 2019.

 


Simulasi CAT dilaksanakan secara gratis atau tanpa di pungut biaya dan transparan. Hasil simulasi sebagaimana terlampir di urutkan berdasarkan peringkat tertinggi sampai terenda tanpa menggunakan passing grade seperti seleksi CPNS yang sesungguhnya.

Berdasarkan ketentuan maka tiga peserta dengan peringkat terbaik berhak mendapatkan hadiah sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Untuk tiga peserta terbaik akan di hubungi panitia melalui telp atau email peserta terkait mekanismepemberian hadiah.

Segenap panitia HUT RI-74 Kantor Regional II BKN Surabaya menyampaikan terima kasih atas partisipasi peserta dalam kegiatan ini dan memohon maaf atas terbatasnya kuota yang disediakan dan semoga sukses dalam menyongsong CPNS 2019.

Hasil Simulasi CAT 2019

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

19 Aug

Demi Peningkatan Pelayanan Kepegawaian

hut1

Semboyan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-35 Kantor Regional II BKN Surabaya.

“Peringatan HUT Kanreg II tahun ini rangkaiannya sudah dimulai dari bulan Mei kemarin, karena sekaligus juga merayakan HUT BKN ke 71 (30 Mei). Supaya kepanitiaannya satu, ya kita gabung saja rangkaian acaranya. Jadinya ya agak panjang waktunya,” demikian jelas Panitia. Kegiatan-kegiatan yang dilakukan dalam rangkaian perayaan ini antara lain adalah beberapa lomba yang diikuti oleh seluruh pegawai seperti lomba memasak tahu tek yang merupakan makanan

  khas jawa timur, senam kreasi, menyanyi duet, dan stand up comedy. HUT Kanreg II BKN Surabaya yang diperingati setiap tanggal 10 Juli, dirayakan oleh seluruh pegawai, pensiunan dan juga beberapa undangan dari para mitra kerja. Acara puncaknya yaitu pada hari Kamis, 25 Juli 2019 yang lalu dibuka oleh Kepala Kantor Regional II BKN, Bapak Tauchid Djatmiko yang pada sambutannya menyatakan bahwa, dengan momen HUT ini kita harus mulai melihat lebih jauh ke depan, mendukung dan menyiapkan diri terhadap perubahan yang mungkin terjadi kedepannya.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

hut2

Selain perayaan Puncak HUT Kanreg II BKN Surabaya, pada kesempatan yang sama  dilakukan juga penandatanganan piagam kerjasama antara Kantor Regional II BKN Surabaya dengan Bank Rakyat Indonesia mengenai penerbitan Kartu Kredit Pemerintah    untuk penggunaan uang pesediaan. Selain itu perayaan juga dibarengi dengan re-launching website, yang menandakan aktifnya  kembali website resmi Kantor Regional II BKN Surabaya setelah sempat beberapa lama vakum karena kendala peretasan. (app//) 

 

05 Aug

elapor

eLapor Award

Kantor Regional II BKN Surabaya kembali memperoleh penghargaan Sebagai Satuan Kerja BKN Terbaik dalam Pengelolaan Aduan Masyarakat dalam kategori Tingkat Responsibilitas Klaster Aduan Sedikit 2018 setelah sebelumnya memperoleh penghargaan terbaik kedua pada tingkat responsibilitas aduan sedikit tahun 2017. Penghargaan ini diberikan langsung oleh Kepala BKN Bima Haria Wibisana dalam acara Rapat Koordinasi Pengelola Pengaduan Masyarakat pada Hari Selasa, 16 Juli 2019 yang bertempat di BKN Pusat, dan diterima langsung oleh Pranata Humas Kanreg II BKN Surabaya, Mega Puspita, yang juga bertanggung jawab dalam mengelola E-Lapor BKN untuk Kanreg II BKN Surabaya.

elapor2

 

Seperti yang dilansir dari berita oleh Humas BKN pada bkn.go.id,  Rakor ini dihadiri oleh 60 peserta baik dari Kantor Pusat maupun Kantor Regional BKN. Pada kesempatan yang sama, Kepala BKN menyatakan bahwa pengelolaan pengaduan masyarakat merupakan bagian dari pelayanan yang kita berikan kepada publik. Pengelola pengaduan harus dapat memetakan aduan yang masuk ke BKN untuk kemudian ditindaklanjuti sesuai ketentuan yang ada. Selain itu dinyatakan juga bahwa pegawai yang bekerja di bidang pelayanan masyarakat dituntut untuk memiliki karakter perubahan seperti percaya diri tinggi, mampu mengenali kekuatan, memperbaiki kekurangan serta mampu melakukan perencanaan dan perubahan.

Selain Kanreg II BKN Surabaya, satuan kerja lain yang mendapat penghargaan adalah Pusat Pengembangan Sistem Rekrutmen untuk kategori jumlah pengaduan sedang dan Direktorat Pengadaan dan Kepangkatan untuk kategori jumlah pengaduan banyak. (app//)

01 Aug

TP

JPT dan Administrator Wilayah Provinsi Jawa Timur

Selasa, 9 Juli 2019 bertempat di Gedung Mojopahit, Kantor Regional II BKN Surabaya menjadi tuan rumah penyelenggaraan kegiatan Talent Pool bagi JPT dan Administrator Wilayah Provinsi Jawa Timur, acara yang berlangsung selama tiga hari ini Bekerja sama dengan Pusat Penilaian Kompetensi (Puspenkom) BKN, kegiatan talent pool ini dilakukan dalam beberapa tahap yaitu uji potensi dan kompetensi yang terdiri dari empat macam uji, yaitu psikotes dengan menggunakan CAT, analisis kasus, wawancara kompetensi, dan Leaderless Group Discussion (LGD).

Mengingat pentingnya kegiatan ini, Sekretaris Utama BKN Supranawa Yusuf secara khusus menghadiri acara tersebut untuk membuka sekaligus memberikan arahan bagi para peserta talent pool. Uji kompetensi ini dilakukan untuk mendukung penerapan sistem merit yang salah satu manfaatnya adalah untuk meminimalisir kesalahan dalam penempatan pejabat administrasi. “Kita juga ingin agar daerah dapat menerapkan sistem merit dengan dilakukannya uji kompetensi untuk JPT dan Administator ini” begitu ungkap Sekretaris Utama BKN.

tp2

 

Dalam sambutannya, Kepala Kantor Regional II BKN Surabaya, Tauchid Djatmiko turut memberikan sedikit penjelasan mengenai uji kompetensi ini.

“Sistem merit mensyaratkan tiga hal yaitu kualifikasi, kompetensi, dan kinerja, yang mana ketiganya tidak bisa berdiri sendiri-sendiri. Uji kompetensi dan potensi kali ini merupakan usaha penting mewujudkan sistem merit manajemen ASN khususnya pada tingkat JPT Pratama dan Administrator di wilayah kerja Kantor Regional II BKN Surabaya.”

tp3

Berdasarkan data yang diperoleh dari panitia penyelenggara, jumlah peserta yang semula didaftarkan sebanyak 168 orang, hanya 140 yang kemudian mengikuti uji potensi dan kompetensi ini, yang terdiri dari 12 JPT Pratama dan 128 Administrator.(app//)

01 Aug
Address
Jl. Letjen S.parman No.6 Waru, Kabupaten Sidoarjo
Telephone : (031) 8531038
Fax : (031) 8531038
bknsurabaya@gmail.com
.
Instagram Feed
00000000000103
Subscribs
Dapatkan berita terbaru kami dengan mendaftarkan email anda pada form di bawah ini
©Copyright 2019, By All rights reserved
×