× Beranda Layanan Survey & Statistika Pengumuman Download Produk Hukum Berita Kontak

Berita

Gelar Simulasi CAT, Kanreg II BKN Fasilitasi CPNS Hadapi SKD

Surabaya - Humas Kanreg II BKN, Kantor Regional II Badan Kepegawaian Negara (BKN) Surabaya kembali menggelar simulasi Computer Assisted Test (CAT). CAT BKN merupakan sistem tes berbasis komputer yang digunakan pemerintah dalam menyelenggarakan sistem seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Simulasi digelar selama dua hari yaitu Rabu dan Kamis (15-16 Januari 2020) di Ruang CAT Kanreg II BKN. Sebanyak 750 kuota peserta langsung terpenuhi hanya dalam waktu dua hari setelah pendaftaran dibuka pada minggu lalu. 

 

Simulasi CAT kali ini bertujuan untuk memfasilitasi CPNS dalam mempersiapkan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD). “Simulasi ini sebagai bentuk latihan untuk teman-teman menghadapi SKD yang akan digelar bulan Januari sampai Februari nanti. Semoga dengan adanya simulasi ini teman-teman bisa lebih siap dan memberikan gambaran terkait seleksi SKD nantinya,” jelas Wahana, Pelaksana Tugas Kepala Bidang Informasi Kepegawaian Kanreg II BKN. Selain memfasilitasi CPNS, Wahana juga menyebutkan bahwa simulasi ini dimaksudkan untuk mempersiapkan tim Kanreg II BKN dalam penyelenggaraan SKD.

 

Para peserta menyambut dengan antusias penyelenggaraan simulasi CAT tersebut. Tidak hanya dari Surabaya, peserta simulasi berasal dari berbagai daerah di Jawa Timur yang merupakan wilayah kerja Kanreg II BKN. Aulia, salah satu peserta yang berasal dari Kota Blitar mengatakan, “Membantu sekali, apalagi untuk mereka yang belum pernah mengikuti seleksi CPNS menggunakan sistem CAT. Kita jadi memiliki gambaran bagaimana situasi tes (SKD) yang sesungguhnya”. Senada dengan pernyataan Aulia, Beladina mengapresiasi pelaksanaan simulasi. “Saya tertarik ikut simulasi lagi supaya lebih siap SKD nanti. Selain itu juga sistem yang digunakan dan kesiapan BKN sebagai pelaksana sudah bagus,” tuturnya.

By sufirahmaw@gmail.com
16 Jan 2020

BKN Lakukan Vulnerability Assessment pada Aplikasi Kepegawaian

Surabaya - Humas Kanreg II BKN, Rapat menindaklanjuti Instruksi Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN), Bima Haria Wibisana terkait Vulnerability Assessment pada aplikasi AREK dan Mang Asep pada hari ini, Rabu (15/01/2020). Dalam rapat tersebut, Kepala Kantor Regional Kanreg II BKN Surabaya berkesempatan hadir sebagai salah satu unit kerja yang berhasil menginisiasi Aplikasi rekonsiliasi data kepegawaian atau AREK. Selain Kanreg II hadir pula Kepala Kanreg III BKN Bandung.

Rapat digelar oleh Kedeputian Sistem Informasi Kepegawaian (Sinka) BKN di Kantor Pusat BKN, Jakarta. Salah satu hal penting yang dibahas dalam rapat tersebut adalah syarat implementasi aplikasi. Sistem aplikasi yang telah berjalan di BKN nantinya harus memenuhi standar keamanan, lolos tes dan uji coba langsung, dan sesuai dengan perjanjian kinerja.

Vulnerability Assessment sendiri merupakan suatu metode penilaian yang digunakan untuk mengukur kerentanan sistem dalam suatu aplikasi. Dalam hal ini, Vulnerability Assessment ditujukan untuk mengoptimalkan pemanfaatan AREK dan aplikasi pelayanan kepegawaian lain yang telah berjalan. Salah satunya melalui integrasi antara AREK dengan Sistem Aplikasi Pelayanan Kepegawaian (SAPK) dan Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian (SIMPEG). Sehingga pelayanan di BKN lebih efisien namun tetap efektif dalam mewujudkan manajemen kepegawaian.

By sufirahmaw@gmail.com
16 Jan 2020

Jadwal Simulasi CAT Kanreg II BKN 2020

Simulasi CAT Kanreg II BKN 2020 akan diselenggarakan pada hari Rabu-Kamis (15-16 Januari 2020) di Ruang CAT Kanreg II BKN

Berikut daftar peserta dan jadwal pelaksana Simulasi CAT Kanreg II BKN 2020: https://bit.ly/35LOmP3

 

Peraturan dan Ketentuan mengikuti Simulasi CAT Kanreg II BKN 2020

  1. Hadir dan melakukan registrasi paling lambat 15 menit sebelum waktu simulasi.
  2. Registrasi ulang dengan menunjukkan identitas berupa KTP.
  3. Memakai baju bebas rapi dan bersepatu.
By sufirahmaw@gmail.com
14 Jan 2020

Jadwal Simulasi CAT Kanreg II BKN 2020

Simulasi CAT Kanreg II BKN 2020 akan diselenggarakan pada hari Rabu-Kamis (15-16 Januari 2020) di Ruang CAT Kanreg II BKN

Berikut daftar peserta dan jadwal pelaksana Simulasi CAT Kanreg II BKN 2020: https://bit.ly/35LOmP3

 

Peraturan dan Ketentuan mengikuti Simulasi CAT Kanreg II BKN 2020

  1. Hadir dan melakukan registrasi paling lambat 15 menit sebelum waktu simulasi.
  2. Registrasi ulang dengan menunjukkan identitas berupa KTP.
  3. Memakai baju bebas rapi dan bersepatu.
By sufirahmaw@gmail.com
14 Jan 2020

BONEK Mudahkan Proses Pengelolaan Barang di Kanreg II BKN

Surabaya - Kanreg II BKN, Mekanisme permintaan barang atau bon di perkantoran umumnya dilakukan dengan pengisian formulir menggunakan kertas. Namun Kantor Regional (Kanreg) II Badan Kepegawaian Negara (BKN) kembali menunjukkan komitmennya untuk melakukan reformasi birokrasi dengan membuat inovasi, mekanisme permintaan barang yang semula paperbased menjadi paperless. Komitmen tersebut diwujudkan dengan diresmikannya aplikasi BONEK atau Bon Elektronik pada hari ini Rabu (08/01/20).

Selain peresmian, Kanreg II BKN juga mengadakan pelatihan sebelum aplikasi tersebut resmi digunakan. Pelatihan diikuti oleh perwakilan masing-masing unit kerja yang merupakan penanggungjawab pengelolaan barang di setiap unit kerja. "Aplikasi ini sudah terintegrasi dengan AREK (Aplikasi Rekonsiliasi Data Kepegawaian). Sehingga pengguna yang sudah memiliki username untuk akses AREK, bisa langsung mengakses BONEK," tutur David Apriyanto, Pranata Komputer Kanreg II BKN sekaligus inisiator aplikasi BONEK dan AREK dalam pelatihan tersebut.      

Bonek sendiri merupakan aplikasi yang digunakan untuk mengajukan permintaan barang operasional kantor. Melalui aplikasi ini diharapkan pengelolaan barang  menjadi lebih transparan. Analis Pengelola Barang Milik Negara Kanreg II BKN yang bertugas mengelola seluruh barang yang dibelanjakan dengan anggaran negara atau disebut Barang Milik Negara, Suwandoko menjelaskan, "Selain meminimalisasi penggunaan kertas, aplikasi ini dimaksudkan untuk efektivitas dan efisiensi mekanisme permintaan barang. Saya sebagai pengelola akan memantau permintaan setiap hari, jadi proses permintaan barang akan lebih cepat dan mudah".

Kanreg II BKN pun masih terus mengembangkan aplikasi. Salah satunya untuk meminimalisasi adanya miskomunikasi. David menambahkan, "Kami masih menerima masukan dari teman-teman terkait pengembangan aplikasi, agar memudahkan teman-teman juga nantinya. Kedepan kami sedang mempertimbangkan untuk memberi notifikasi." Nantinya masing-masing unit kerja juga akan mendapatkan pedoman penggunaan aplikasi agar fungsinya dapat lebih dimaksimalkan.

By sufirahmaw@gmail.com
09 Jan 2020

Kanreg II BKN Dorong Prestasi Kerja melalui Mutasi

Surabaya - Humas Kanreg II, Berbagai strategi dilakukan dalam rangka meningkatkan prestasi kerja Pegawai Negeri Sipil (PNS), salah satunya melalui mutasi pegawai dalam satu instansi. Hal ini pula yang dilakukan oleh Kantor Regional (Kanreg) II BKN Surabaya dengan melakukan mutasi terhadap 38 orang PNS di lingkungan kanreg pada Senin (30/12/2019). Terdiri dari 5 PNS jabatan fungsional dan 33 PNS jabatan pelaksana. Seluruh PNS tersebut akan memulai bekerja di unit kerja baru Terhitung Mulai Tanggal (TMT) 2 Januari 2020.

 

Pelaksanaan mutasi tersebut sesuai dengan amanah Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil. Purjiyanta selaku Kepala Bagian Tata Usaha Kanreg II BKN Surabaya, dalam sambutannya mengatakan, “Tujuan dari mutasi ini yang utama menjalankan amanah Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017. Di dalamnya dijelaskan bahwa mutasi dilakukan paling cepat 2 tahun dan paling lama 5 tahun”.

 

Selain menjalankan amanah sesuai Peraturan BKN Nomor 5 Tahun 2019, mutasi merupakan bentuk penyegaran dalam struktur organisasi kanreg. Kabid Pengembangan dan Supervisi Kepegawaian, Nurchasanah menjelaskan, “Menjadi PNS itu harus siap ditempatkan di seluruh Indonesia, jadi kalau sekedar dimutasi antar seksi saja seharusnya tidak memberatkan. Mutasi merupakan hal wajar sebagai penyegaran yang dibutuhkan dalam organisasi.” Nurchasanah optimis dengan adanya mutasi ini dapat mendorong prestasi kerja Kanreg II BKN Surabaya. “ Kami sadar apabila terjadi penurunan kecepatan kerja pasca mutasi ini. Tapi saya optimis kita akan bisa berlari kencang asal cepat beradaptasi. Oleh karena itu tugas-tugas di tempat lama harus cepat diselesaikan terlebih dahulu. Jadi begitu TMT sudah bisa melaksanakan tugas di tempat baru,” tambahnya.

By sufirahmaw@gmail.com
08 Jan 2020

Resolusi Pelayanan Publik Kanreg II BKN Berorientasi pada Digitalisasi dan Pendekatan Humanisme

Surabaya - Humas Kanreg II, Sepanjang tahun 2019 Kantor Regional (Kanreg) II Badan Kepegawaian Negara (BKN) telah mencapai berbagai prestasi melalui digitalisasi dalam pelayanan publik. Salah satunya, pembuatan aplikasi rekonsiliasi data kepegawaian atau AREK yang berhasil membawa Kanreg II BKN mendapat predikat Wilayah Bebas dari Korupsi. Tahun ini Kanreg II BKN kembali berupaya meningkatkan prestasi kerja melalui kegiatan Evaluasi Capaian Kinerja 2019 dan Pemaparan Program Kerja 2020. Kegiatan diselenggarakan pada Selasa (07/01/2020) dan dihadiri oleh seluruh Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Kanreg II BKN.

Melalui evaluasi diharapkan dapat membawa perubahan yang lebih baik dalam mekanisme manajemen kepegawaian. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Kanreg II BKN, Tauchid Djatmiko dalam sambutannya, “Kita perlu mengevaluasi dari sudut pandang eksternal, yaitu publik kita. Dengan begitu kita akan mendapatkan penilaian yang fair. Melalui pandangan publik juga kita bisa memprediksi dan mengelola isu-isu yang berpotensi menimbulkan permasalahan kepegawaian. Sehingga bisa dilakukan langkah-langkah pencegahan atau early warning system”.

Tauchid menambahkan strategi dan target yang akan dicapai Kanreg II BKN di tahun 2020. Secara garis besar Kanreg II BKN akan tetap menerapkan digitalisasi untuk efektivitas dan efisiensi pelayanan publik. Namun untuk melayani publik secara prima bukan sekedar memberikan kemudahan, kenyamanan dan kepuasan publik juga harus diperhatikan. Oleh karena itu Tauchid menekankan pada pelayanan publik yang berorientasi pada sisi humanis. Menurutnya, “Keramahan tempat dan orang akan menjadi fokus utama pelayanan kita. Di 2020, saya ingin mewujudkan moto “datang disambut senyum, pulang dengan senyum. Tentunya harus didukung oleh instansi-instansi yang kita bina”.

Sementara itu Kabid Pengembangan dan Supervisi Kepegawaian Kanreg II BKN, Nurchasanah memaparkan langkah-langkah persiapan yang harus dilakukan internal Kanreg II BKN untuk dapat mewujudkan target tersebut. “Ada empat dimensi yang harus kita perhatikan dan selalu evaluasi. Sesuai dengan Indeks profesionalitas, yaitu kualifikasi, kompetensi, disiplin, kinerja. Kualifikasi saya rasa saat ini sudah memenuhi dengan mayoritas berlatar belakang pendidikan sarjana. Lalu mutasi yang baru saja kita laksanakan, pada dasarnya tujuan utamanya untuk meningkatkan kompetensi. Selanjutnya disiplin, ini termasuk dalam hal menyelesaikan pekerjaan. Dan kinerja tentunya bisa kita lihat dari capaian dan output,” tutupnya.

By sufirahmaw@gmail.com
08 Jan 2020

Kolaborasi Kanreg II BKN dan Instansi Daerah Siapkan SKD CPNS 2019

Surabaya - Kanreg II BKN, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pacitan mengadakan kunjungan kerja ke Kantor Regional (Kanreg) II BKN Surabaya pada Senin (30/12/2019). Kunjungan ini dilakukan sebagai bentuk kolaborasi antara Kanreg II BKN dengan instansi daerah untuk menyiapkan Seleksi Kompetensi Dasar CPNS Tahun Anggaran 2019. Kunjungan tersebut diwakili oleh 12 anggota Komisi I DPRD Pacitan. 

 

Wakil Ketua Komisi I DPRD Pacitan, Sri Widowati menjelaskan tujuan dari kunjungan kerja tersebut. Utamanya untuk membahas tentang pelaksanaan SKD CPNS. "Selain membahas tentang persiapan seleksi CPNS, kami juga ingin mendiskusikan tentang beberapa hal terkait permasalahan kepegawaian seperti penghapusan eselon dan status honore atau K2," jelas Sri. Pembahasan dalam diskusi tersebut mencangkup aspirasi dari masyarakat dan instansi daerah di Pacitan.

 

Menanggapi hal tersebut Purjiyanta, Kepala Bagian Tata Usaha dalam sambutannya mengharapkan terjalinnya komunikasi yang baik sebagai kunci suksesnya pelaksanaan seleksi. SKD CPNS sendiri akan diselenggarakan pada bulan Januari 2020. Purjiyanta mengatakan, "Dalam SKD CPNS kita perlu berkolaborasi, berkerjasama, karena ada beberapa hal yang harus dipersiapkan oleh instansi daerah sesuai SOP. Diskusi semacam ini memang sebaiknya dilakukan agar tidak terjadi kesalahpahaman dan instansi daerah dapat mempersiapkan sejak saat ini, baik anggaran maupun kebutuhan lainnya'.

 

By sufirahmaw@gmail.com
31 Dec 2019

BKN Kanreg XIV Manokwari Adopsi "AREK" untuk Rekonsiliasi Data

Surabaya - Humas BKN Kanreg II, Saat ini pelaksanaan manajemen kepegawaian masih bersumber dan berdasarkan data kepegawaian. oleh karena itu manajemen kepegawaian di lingkungan ASN erat kaitannya dengan pengelolaan data kepegawaian. Pengembangan pun terus dilakukan untuk meminimalisir permasalahan dalam mengelola data kepegawaian. Menyikapi hal tersebut BKN Kanreg II Surabaya berinovasi dengan membuat Aplikasi Rekonsiliasi Data Kepegawaian (AREK). Diinisiasi oleh Seksi Pemanfaatan Teknologi Informasi, AREK mampu mewujudkan pengelolaan data kepegawaian yang paperless

Keberadaan AREK yang dirasakan efektif dan memudahkan, mulai mengundang minat dari berbagai instansi pemerintah. Setelah konsepnya diadopsi oleh BKN Kantor Regional I Jogjakarta dan III Bandung, kini giliran Kanreg XIV Manokwari. Hari ini, Selasa (12/20/2019) dengan diwakilkan oleh Yulius Rony Palloan selaku Kasie Pemanfaatan Teknologi Informasi, BKN Kanreg XIV Manokwari melakukan kunjungan kerja ke BKN Kanreg II Surabaya. Kunjungannya kali ini bertujuan untuk mempelajari konsep AREK. Dalam diskusi, Rony menyebutkan ketertarikannya untuk mengimplementasikan konsep AREK di BKN Kanreg XIV Manokwari. Ia mengatakan, " Aplikasi semacam ini akan sangat memudahkan apabila diterapkan di Kanreg Manokwari".

Kunjungan tersebut disambut baik oleh David Apriyanto, Pranata Komputer BKN Kanreg II Surabaya. Selaian menjelaskan konsep AREK, David juga menunjukkan secara langsung cara kerja aplikasi tersebut. "Saat ini sudah banyak instansi di pusat yang mengadopsi aplikasi AREK ini. Selain paperless, tujuan jutama aplikasi ini untuk rekonsiliasi data agar lebih efektif," tutur David.

By sufirahmaw@gmail.com
20 Dec 2019

Kanreg II BKN Gelar Seleksi PPNPN 2019

Humas - BKN Kanreg II, Sebagai upaya meningkatkan efektifitas kinerja instansi pemerintah Badan Kepegawaian Negara (BKN) Kantor Regional (Kanreg) II Surabaya menggelar seleksi Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri (PPNPN). Seleksi dilaksanakan di Assessment Center Kanreg II Surabaya pada Selasa (17/12/2019). Diikuti oleh 57 peserta yang nantinya akan mengisi formasi sebagai resepsionis, pramusaji, teknisi, keamanan, dan driver. Seleksi yang terdiri dari wawancara ini merupakan seleksi lanjutan setelah sebelumnya peserta mengikuti seleksi kompetensi dasar.

Menurut Peraturan Direktur Jendral Perbendaharaan Nomor 31 tahun 2016, instansi pemerintah dapat mengadakan rekrutmen PPNPN dan dibayarkan oleh Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara. Selain untuk membantu kinerja instansi pemerintah agar lebih efektif, rekrutmen ini juga sebagai upaya menghimpun partisipasi masyarakat dalam proses pemerintahan. Hal tersebut senada dengan pernyataan Syaifullah Agus Setyo Nugroho selaku Ketua Panitia Penyelenggaraan Seleksi PPNPN 2019 Kanreg II Surabaya. Menurutnya, "Banyak upaya yang masyarakat bisa lakukan untuk berpartisipasi langsung dalam proses pemerintahan, tidak melulu menjadi PNS. Salah satunya bisa melalui PPNPN ini".

 

 

By sufirahmaw@gmail.com
19 Dec 2019

Kanreg II BKN Surabaya Siapkan Tim Pelaksana SKD CPNS 2019

 

Surabaya - Humas Kanreg II BKN, Masuki masa Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 Tim Pelaksana Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Kantor Regional II BKN Surabaya mengikuti Pelatihan Computer Assisted Test (CAT). Pelatihan diselenggarakan pada hari Kamis (12/12/2019) oleh Pusat Pengembangan Sistem Rekrutmen Aparatur Sipil Negara Badan Kepegawaian Negara (PPSR ASN BKN). Sebanyak 56 Tim Pelaksana Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Kantor Regional II BKN Surabaya berpartisipasi dalam pelatihan tersebut.

 

Tujuan dari pelatihan ini tidak lain untuk mempersiapkan pelaksanaan SKD agar berjalan efektif dan efisien. Dalam sambutannya, Kepala Bagian Tata Usaha, Purjiyanta mengatakan, "Tahun ini lokasi pelaksanaan SKD di Jawa Timur bertambah menjadi 22 titik. Oleh karena itu tim pelaksana harus dipersiapkan untuk meminimalisir kendala-kendala yang mungkin terjadi". SKD sendiri merupakan tahap seleksi lanjutan yang akan dilaksanakan setelah pengumuman hasil Seleksi Administrasi pada Januari 2020 nanti.

 

Teknis pelaksanaan SKD menggunakan CAT dijelaskan dalam pelatihan tersebut, termasuk evaluasi dan solusi dari pelaksanaan SKD dalam seleksi CPNS tahun sebelumnya. Rama Dhaniareza selaku pemateri dalam pelatihan tersebut menyampaikan kesiapan Tim Pelaksana Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Kantor Regional II BKN Surabaya. “Tim Kanreg II BKN Surabaya saya rasa cukup bagus dan sudah siap dalam pelaksanaan SKD nantinya. Mengingat pelaksanaan SKD tahun lalu, ada banyak inovasi salah satunya mewajibkan adanya cctv di titik lokasi SKD,” tuturnya.

By sufirahmaw@gmail.com
12 Dec 2019

Pengumuman Peserta Seleksi PPNPN 2020

Berikut link daftar peserta yang dinyatakan lolos verifikasi administrasi PPNPN BKN Kantor Regional II http://bit.ly/pesertappnpn2020

By david.apriyanto@gmail.com
11 Dec 2019

Pendaftaran PPNPN 2020

 

Syarat - Syarat Pendaftaran PPNPN

Pendaftaran PPNPN 2020

  1. Buka link pendaftaran di bit.ly/pendaftaranppnpn2020;
  2. Isi formulir pendaftaran;
  3. Mendapatkan PIN untuk log in (PIN hanya ditampilkan satu kali saat pendaftaran, MOHON DISIMPAN);
  4. Log in;
  5. Upload dokumen persyaratan :
  • Syarat Lamaran yang ditulis tangan
  • Daftar Riwayat Hidup (diketik)
  • Kartu Tanda Penduduk
  • Kartu Keluarga
  • Ijazah Terakhir (Asli/Legalisir)
  • Kartu Peserta BPJS Kesehatan
  • Surat Keterangan Berbadan Sehat dari Puskesmas/Dokter Pemerintah.
  • Foto Berwarna Terbaru (background Merah)
  • SIM A yang masih berlaku (khusus Pengemudi) atau Ijazah Gada Pratama/Surat Keterangan Lulus yang masih berlaku (khusus Sekuriti);
  1. Pengumuman hasil administrasi tanggal 11 Desember 2019 melalui akun log in pendaftaran masing-masing.

 

 





 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Wujudkan Smart ASN

Demi Peningkatan Pelayanan Kepegawaian

hut1

Semboyan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-35 Kantor Regional II BKN Surabaya.

“Peringatan HUT Kanreg II tahun ini rangkaiannya sudah dimulai dari bulan Mei kemarin, karena sekaligus juga merayakan HUT BKN ke 71 (30 Mei). Supaya kepanitiaannya satu, ya kita gabung saja rangkaian acaranya. Jadinya ya agak panjang waktunya,” demikian jelas Panitia. Kegiatan-kegiatan yang dilakukan dalam rangkaian perayaan ini antara lain adalah beberapa lomba yang diikuti oleh seluruh pegawai seperti lomba memasak tahu tek yang merupakan makanan

  khas jawa timur, senam kreasi, menyanyi duet, dan stand up comedy. HUT Kanreg II BKN Surabaya yang diperingati setiap tanggal 10 Juli, dirayakan oleh seluruh pegawai, pensiunan dan juga beberapa undangan dari para mitra kerja. Acara puncaknya yaitu pada hari Kamis, 25 Juli 2019 yang lalu dibuka oleh Kepala Kantor Regional II BKN, Bapak Tauchid Djatmiko yang pada sambutannya menyatakan bahwa, dengan momen HUT ini kita harus mulai melihat lebih jauh ke depan, mendukung dan menyiapkan diri terhadap perubahan yang mungkin terjadi kedepannya.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

hut2

Selain perayaan Puncak HUT Kanreg II BKN Surabaya, pada kesempatan yang sama  dilakukan juga penandatanganan piagam kerjasama antara Kantor Regional II BKN Surabaya dengan Bank Rakyat Indonesia mengenai penerbitan Kartu Kredit Pemerintah    untuk penggunaan uang pesediaan. Selain itu perayaan juga dibarengi dengan re-launching website, yang menandakan aktifnya  kembali website resmi Kantor Regional II BKN Surabaya setelah sempat beberapa lama vakum karena kendala peretasan. (app//) 

 

eLapor Award

elapor

eLapor Award

Kantor Regional II BKN Surabaya kembali memperoleh penghargaan Sebagai Satuan Kerja BKN Terbaik dalam Pengelolaan Aduan Masyarakat dalam kategori Tingkat Responsibilitas Klaster Aduan Sedikit 2018 setelah sebelumnya memperoleh penghargaan terbaik kedua pada tingkat responsibilitas aduan sedikit tahun 2017. Penghargaan ini diberikan langsung oleh Kepala BKN Bima Haria Wibisana dalam acara Rapat Koordinasi Pengelola Pengaduan Masyarakat pada Hari Selasa, 16 Juli 2019 yang bertempat di BKN Pusat, dan diterima langsung oleh Pranata Humas Kanreg II BKN Surabaya, Mega Puspita, yang juga bertanggung jawab dalam mengelola E-Lapor BKN untuk Kanreg II BKN Surabaya.

elapor2

 

Seperti yang dilansir dari berita oleh Humas BKN pada bkn.go.id,  Rakor ini dihadiri oleh 60 peserta baik dari Kantor Pusat maupun Kantor Regional BKN. Pada kesempatan yang sama, Kepala BKN menyatakan bahwa pengelolaan pengaduan masyarakat merupakan bagian dari pelayanan yang kita berikan kepada publik. Pengelola pengaduan harus dapat memetakan aduan yang masuk ke BKN untuk kemudian ditindaklanjuti sesuai ketentuan yang ada. Selain itu dinyatakan juga bahwa pegawai yang bekerja di bidang pelayanan masyarakat dituntut untuk memiliki karakter perubahan seperti percaya diri tinggi, mampu mengenali kekuatan, memperbaiki kekurangan serta mampu melakukan perencanaan dan perubahan.

Selain Kanreg II BKN Surabaya, satuan kerja lain yang mendapat penghargaan adalah Pusat Pengembangan Sistem Rekrutmen untuk kategori jumlah pengaduan sedang dan Direktorat Pengadaan dan Kepangkatan untuk kategori jumlah pengaduan banyak. (app//)

Talent Pool

TP

JPT dan Administrator Wilayah Provinsi Jawa Timur

Selasa, 9 Juli 2019 bertempat di Gedung Mojopahit, Kantor Regional II BKN Surabaya menjadi tuan rumah penyelenggaraan kegiatan Talent Pool bagi JPT dan Administrator Wilayah Provinsi Jawa Timur, acara yang berlangsung selama tiga hari ini Bekerja sama dengan Pusat Penilaian Kompetensi (Puspenkom) BKN, kegiatan talent pool ini dilakukan dalam beberapa tahap yaitu uji potensi dan kompetensi yang terdiri dari empat macam uji, yaitu psikotes dengan menggunakan CAT, analisis kasus, wawancara kompetensi, dan Leaderless Group Discussion (LGD).

Mengingat pentingnya kegiatan ini, Sekretaris Utama BKN Supranawa Yusuf secara khusus menghadiri acara tersebut untuk membuka sekaligus memberikan arahan bagi para peserta talent pool. Uji kompetensi ini dilakukan untuk mendukung penerapan sistem merit yang salah satu manfaatnya adalah untuk meminimalisir kesalahan dalam penempatan pejabat administrasi. “Kita juga ingin agar daerah dapat menerapkan sistem merit dengan dilakukannya uji kompetensi untuk JPT dan Administator ini” begitu ungkap Sekretaris Utama BKN.

tp2

 

Dalam sambutannya, Kepala Kantor Regional II BKN Surabaya, Tauchid Djatmiko turut memberikan sedikit penjelasan mengenai uji kompetensi ini.

“Sistem merit mensyaratkan tiga hal yaitu kualifikasi, kompetensi, dan kinerja, yang mana ketiganya tidak bisa berdiri sendiri-sendiri. Uji kompetensi dan potensi kali ini merupakan usaha penting mewujudkan sistem merit manajemen ASN khususnya pada tingkat JPT Pratama dan Administrator di wilayah kerja Kantor Regional II BKN Surabaya.”

tp3

Berdasarkan data yang diperoleh dari panitia penyelenggara, jumlah peserta yang semula didaftarkan sebanyak 168 orang, hanya 140 yang kemudian mengikuti uji potensi dan kompetensi ini, yang terdiri dari 12 JPT Pratama dan 128 Administrator.(app//)


← Newer Older →
©Copyright 2019, By All rights reserved
×