× Beranda Layanan Survey & Statistika Pengumuman Download Produk Hukum Berita Kontak

Detail

Pansel Tingkatkan Komunikasi Pasca Pengawasan dan Pengendalian SKD CPNS 2019 Jawa Timur

Surabaya - Humas Kanreg II BKN, Deputi Bidang Pengawasan dan Pengendalian Badan Kepegawaian Negara (Wasdal BKN), Otok Kuswandaru bersama Direktur Wasdal Bidang Formasi, Pengadaan, dan Pasca Pendidikan dan Pelatihan (Fordapasdik) Nanang Subandi melakukan kunjungan ke Titik Lokasi Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS 2019 di Kantor Regional II BKN Surabaya. Kunjungan yang dilakukan pada hari Senin (03/02/2020) tersebut dalam rangka investigasi pengawasan dan pengendalian pelaksanaan SKD CPNS 2019 di Provinsi Jawa Timur. 

Pengawasan dan pengendalian Seleksi CPNS merupakan salah satu prosedur yang wajib dijalankan sebagaimana dijelaskan dalam Peraturan BKN Nomor 14 tahun 2018 tentang Petunjuk Teknis Pengadaan PNS. Dalam peraturan disebutkan bahwa Panitia Seleksi Nasional Pengadaan PNS melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan seleksi pengadaan calon PNS secara nasional. Oleh karena itu Wasdal BKN yang bertanggung jawab atas tugas dan fungsi tersebut melakukan pengawasan SKD CPNS secara langsung di seluruh Indonesia, salah satunya Provinsi Jawa Timur yang merupakan Wilayah Kerja Kanreg II BKN Surabaya. 

Selanjutnya Otok menjelaskan mekanisme pengawasan dan pengendalian yang dilakukan terdiri dari dua cara, yaitu melalui koordinasi dengan Panitia Pelaksana di masing-masing instansi pemerintah dan menerima informasi atau pengaduan resmi masyarakat terhadap pelaksanaan seleksi penerimaan CPNS. “Sudah ada prosedur yang jelas, jadi kita laksanakan sesuai prosedur yang berlaku. Begitu pula dengan pelaksanaan seleksi, selama dilaksanakan sesuai prosedur seharusnya tidak ada masalah,” tuturnya.

Selain Tilok Kanreg II BKN, rombongan Tim Deputi Pengawasan dan Pengendalian Seleksi CPNS Nasional juga meninjau pelaksanaan SKD Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Jawa Timur yang digelar di Politeknik Pelayaran Surabaya. Terkait permasalahan jaringan selama pelaksanaan SKD Kemenkumham yang mengakibatkan adanya perubahan jadwal seleksi, Otok Kuswandaru bersama Tim Pengawasan dan Pengendalian mengevaluasi kesiapan teknis dan komunikasi antara Kanreg II BKN sendiri dengan vendor dan panitia instansi, dalam hal ini Kemenkumham. 

Menanggapi hal tersebut, Kepala Kanreg II BKN Tauchid Djatmiko menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan peserta dan telah mengambil langkah untuk menyelesaikan masalah sekaligus mengantisipasi kendala teknis lain yang mungkin muncul. Tauchid Djatmiko mengatakan, “Pranata Komputer dari Kanreg II sendiri langsung kami perbantukan kemarin. Selain itu kami sudah siapkan back up server untuk mengantisipasi jangan sampai muncul kendala teknis lainnya. Berkaitan dengan jaringan kami pun telah melakukan koordinasi dengan penyedia jaringan dan panitia dari Kemenkumham sendiri”.

©Copyright 2019, By All rights reserved
×