× Beranda Layanan Survey & Statistika Pengumuman Download Produk Hukum Berita Kontak

Detail

Kompleks dan Berlapis, Pengamanan Soal CPNS

Surabaya - Humas Kanreg II BKN, Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Regional II Surabaya, Tauchid Djatmiko memaparkan sistem keamanan dalam seleksi CPNS yang dibuat kompleks dan berlapis. Tauchid mengatakan, “Soal dibuat oleh konsorsium beberapa perguruan tinggi negeri (PTN) di Indonesia di bawah koordinasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Kemudian soal tersebut di enkripsi oleh Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) dan disimpan dengan password yang dipegang oleh Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Bangsa (Menpan RB). Itupun masih ada proses berlapis dan kompleks di dalamnya. Sehingga akan sangat sulit untuk diretas.”

 

Hal tersebut disampaikan Tauchid dalam kunjungannya ke Tilok Bangkalan hari ini, Selasa (18/02/2020) di Balai Diklat Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Bangkalan. Dengan ketatnya sistem keamanan soal seleksi CPNS, Tauchid Djatmiko kembali mengingatkan para peserta untuk tidak mempercayai pihak manapun yang menjanjikan kelulusan seleksi. Ia menegaskan, “Kami tidak bisa menjamin kelulusan peserta, namun kami menjamin keamanan sistem seleksi. Oleh karena itu jangan sekali-kali percaya dengan pihak-pihak tidak bertanggungjawab yang menjanjikan kelulusan seleksi CPNS. Cukup fokus pada diri sendiri.”

 

Kunjungan tersebut dalam rangka memastikan seluruh pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS di Jawa Timur berjalan lancar. Turut hadir dalam kunjungan tersebut Wakil Bupati Bangkalan, Drs. Mohni, Sekretaris Daerah Kabupaten Bangkalan, Setijabudhi, dan Ketua Panitia Pelaksanaan SKD CPNS Wilayah Kerja BKN Regional II Surabaya, Purjiyanta. Sebelumnya Tauchid Djatmiko dan rombongannya juga meninjau pelaksanaan SKD Kejaksaan Agung di Empire Palace, Surabaya.


Sebanyak 5.182 peserta dinyatakan lolos Seleksi Administrasi dan terdaftar mengikuti SKD kali ini. Sementara itu terdapat 297 formasi CPNS yang dibuka oleh Pemerintah Kabupaten Bangkalan. SKD sendiri akan berlangsung dari tanggal 18 - 28 Februari 2020. suf-ars

©Copyright 2019, By All rights reserved
×