Profil

profil Kantor Regional II bkn Surabaya

Sejarah

Sejarah Kantor Regional II BKN Surabaya

Setelah proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus 1945, Pemerintah Republik Indonesia secara resmi menyatakan bahwa segenap pegawai dari bekas Pemerintah Belanda dan Jepang dengan sendirinya menjadi Pegawai Pemerintah Republik Indonesia. Pada saat bangsa Indonesia sedang dalam kancah perjuangan untuk mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Pemerintah Republik Indonesia membentuk Kantor Urusan Pegawai (KUP) dengan Peraturan Pemerintah No. 11 Tahun 1948 tanggal 30 Mei 1948. Dan inilah menjadi cikal bakal Badan Kepegawaian Negara dan kemudian berdasarkan keputusan Kepala Badan Administrasi Kepegawaian Negara (BAKN) Nomor  27/KEP/1999 tanggal tersebut ditetapkan menjadi hari jadi Badan Kepegawaian Negara (BKN). Dengan demikian maka tanggal 30 Mei 1948 merupakan titik awal perjalanan pengabdian BKN.

Karena semakin berkembangnya masalah kepegawaian dan untuk mempercepat pelayanan di bidang kepegawaian, berdasarkan keputusan Kepala Badan Administrasi Kepegawaian Negara Nomor 212/KEP/1984 tanggal 10 Juli 1984 dibentuklah Kantor Wilayah II Badan Administrasi Kepegawaian Negara yang berkedudukan di Surabaya dengan wilayah kerja provinsi daerah wilayah tingkat I Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur dan Timor Timur yang selanjutnya dalam keputusan ini disebut Kanwil II BAKN yang berkedudukan langsung di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala BAKN.

Seiring semakin pesatnya perkembangan di bidang kepegawaian dengan bergesernya paradigma dari administrasi kearah manajemen sumber daya manusia, BAKN juga melakukan reformasi kepegawaian dengan mengubah BAKN menjadi Badan Kepegawaian Negara (BKN) dengan Keputusan Presiden Nomor 95 tahun 1999 tanggal 11 Agustus 1999. Keberadaan BKN ini kemudian diperkuat Undang-Undang Nomor 43 Tahun 1999 tentang perubahan atas Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1974 tentang pokok-pokok kepegawaian. Dengan begitu maka Kanwil II BAKN Surabaya berubah menjadi Kantor Regional II BKN dengan keputusan Kepala Badan Kepegawaian Negara Nomor 59 Tahun 2000 tentang struktur organisasi Kantor Regional Badan Kepegawaian Negara.

Nama Pejabat dan Masa Jabatan Kepala Kantor Regional II Badan Kepegawaian Negara Surabaya :

  1. Soediman

Kepala Kantor Wilayah II Badan Administrasi Kepegawaian Negara Surabaya

Periode : 14 Juli 1984 sampai dengan 21 Juni 1988

  1. Bambang Sugeng, S.H.

Kepala Kantor Wilayah II Badan Administrasi Kepegawaian Negara Surabaya

Periode : 21 Juni 1988 sampai dengan 17 Januari 1995

  1. Rafael Djari

Kepala Kantor Wilayah II Badan Administrasi Kepegawaian Negara Surabaya

Periode : 17 Januari 1995 sampai dengan 13 Juni 2001

  1. Sulardi, M.M.

Kepala Kantor Regional II Badan Kepegawaian Negara Surabaya

Periode : 13 Juni 2001 sampai dengan Nopember 2006

  1. Murgiyono, M.Si.

Kepala Kantor Regional II Badan Kepegawaian Negara Surabaya

Periode : 2 Februari 2007 sampai dengan 10 Agustus 2008

  1. Yulina Setiawati. NN, S.H., M.M.

Kepala Kantor Regional II Badan Kepegawaian Negara Surabaya

Periode : 11 Agustus 2008 sampai dengan 11 Mei 2011

  1. Darmanto, S.H., M.Si

Kepala Kantor Regional II Badan Kepegawaian Negara Surabaya

Periode : 21 Juni 2011 sampai dengan 11 Agustus 2015

  1. Ida Ayu Rai Sri Dewi, S.H., M.Si.

Kepala Kantor Regional II Badan Kepegawaian Negara Surabaya

Periode : 11 Agustus 2015 sampai dengan 19 Desember 2016

  1. Tauchid Djatmiko, S.H., M.Si.

Kepala Kantor Regional II Badan Kepegawaian Negara Surabaya

Periode : 19 Desember 2016 sampai dengan sekarang.

Visi & Misi

VISI :

Mewujudkan Pengelola ASN yang Profesional dan Berintegritas untuk mendukung tercapainya Indonesia Maju yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian berlandaskan gotong royong.

MISI :

1. Pembinaan penyelenggaraan manajemen ASN,
2. Penyelenggaraan manajemen ASN,
3. Penyimpanan informasi pegawai ASN,
4. Pengawasan Dan Pengendalian Norma, Standar, Prosedur, dan Kriteria Manajemen ASN.dan
5. Mengembangkan dan mengoptimalkan sistim manajemen internal BKN

Bidang Tata Usaha

Mutasi & Status Pegawai

Pensiun & Pengangkatan

Informasi Kepegawaian

Supervisi Kepegawaian

[SIARAN PERS]
039/RILIS/BKN/IX/2020

Daftar Konsultasi Kepegawaian Daring BKN Kini Cukup Lewat Aplikasi Chat

Untuk mempermudah masyarakat khususnya ASN dalam memperoleh layanan konsultasi kepegawaian daring online, BKN kini membuka pendaftaran konsultasi melalu aplikasi chat. Jika sebelumnya pendaftaran dilakukan melalui surat elektronik atau email, sekarang pendaftaran cukup dilakukan melalui nomor Whatsapp di 08999-2425-15, dengan mencantumkan Nama Lengkap, NIP, Instansi Asal, dan Pertanyaan yang akan diajukan.

WhatsApp Image 2020-09-06 at 8.30.25 AM

Alasan BKN menjadikan aplikasi chat sebagai tools pendaftaran layanan konsultasi kepegawaian dilatarbelakangi dengan tren penggunaan ponsel pintar yang semakin meningkat. Hampir seluruh masyarakat di Indonesia memanfaatkan platform chat berbasis aplikasi sebagai wadah berkomunikasi sehari-hari. BKN terus berupaya melakukan terobosan pelayanan publik d di era pandemi Covid-19, salah satunya dengan menghadirkan layanan daring yang semakin mudah dan cepat serta meminimalkan tatap muka langsung.

Konsultasi kepegawaian daring kali pertama telah diadakan pada 10 Agustus 2020. Selanjutnya akan dilaksanakan konsultasi kepegawaian daring kedua pada Rabu 9 September 2020 mulai Pukul 10.00 WIB hingga Pukul 12.00 WIB dengan mengusung tema Jabatan Fungsional Kepegawaian. Untuk pendaftaran dibuka mulai 7 September 2020 pukul 08.00 WIB, dengan kuota 50 peserta.

Pendaftar dimohon untuk mendaftar sesuai tema yang saat ini disediakan. Bagi ASN yang tidak mendaftar sesuai tema, maka yang bersangkutan tidak akan diberikan kredensial konsultasi kepegawaian. Pendaftaran akan ditutup secara otomatis apabila kuota peserta telah terpenuhi.


Jakarta, 05 September 2020

Kepala Biro Hubungan Masyarakat, Hukum, dan Kerja Sama Badan Kepegawaian Negara

Ttd
Paryono

08 Sep

Jadwal Resmi Diumumkan 18 Agustus 2020

Surabaya - Humas BKN II, Sukses menyelenggarakan Seleksi Sekolah Kedinasan 2020 sesuai protokol kesehatan COVID-19, kini pemerintah bersiap menyelenggarakan Seleksi Kompetensi Bidang Calon Pegawai Negeri Sipil (SKB CPNS) Tahun Anggaran 2019. mempersiapkan hal tersebut Kantor Regional II Badan Kepegawaian Negara (Kanreg II BKN) menyelenggarakan rapat koordinasi dengan Panitia Seleksi Daerah (Panselda) yang terdiri dari BKD/BKPSDM/BKPP sewilayah kerja Jawa Timur. Rapat diselenggarakan pada Sabtu (15/08/2020) secara virtual.

k

Rapat tersebut membahas tentang penetapan jadwal dan prosedur seleksi sesuai protokol kesehatan COVID-19. Hal ini merupakan tindak lanjut setelah sebelumnya dilakukan penetapan titik lokasi ujian. Kepala Bidang Informasi Kepegawaian Kanreg II BKN, Anang Tri Harjono menuturkan, "Sebanyak35.216 peserta SKB di Jawa Timur telah memilih lokasi ujian. Selanjutnya kami (Kanreg II BKN) menyusun jadwal pelaksanaan SKB dan sudah diajukan ke Panitia Seleksi Nasional (Panselnas). Jadwal resmi akan diumumkan tanggal 18 Agustus 2020 setelah mendapat persetujuan dari Panselnas."

o

Lebih lanjut, Anang Tri mengharapkan adanya keseragaman informasi yang disampaikan kepada publik terutama peserta SKB. Beliau menambahkan, "Diharapkan kita sebagai penyelenggara dapat memilah informasi untuk dipublikasikan. Sehingga terdapat keseragaman informasi dan meminimalisir berkembangnya berita bohong yang bisa memicu kecemasan atau kebingungan peserta SKB."

m

Sementara itu, Kepala Kanreg II BKN, Tauchid Djatmiko menekankan pada prosedur pelaksanaan SKB yang harus sesuai dengan protokol kesehatan COVID-19. "SKB di Jatim kali ini terdapat 16 titik lokasi ujian mandiri dan 5 titik lokasi ujian mandiri sharing. Dengan banyaknya titik lokasi ujian mandiri diharapkan dapat meminimalisir perpindahan fisik. Apalagi sekarang peserta dapat memilih lokasi ujian sesuai domisili. Bukan hanya peserta, namun juga panitia dan seluruh alur seleksi harus dicermati, aman, dan sesuai protokol kesehatan," tuturnya.

BKN sendiri telah menyusun petunjuk teknis pelaksanaan SKB menggunakan Computer Assisted Test (CAT) BKN sesuai protokol kesehatan. Dibuka pula forum diskusi dalam rapat tersebut agar seluruh panselda dapat memahami prosedur seleksi dengan baik. Sehingga kemungkinan penyebaran COVID-19 dalam seleksi CPNS dapat diantisipasi. -suf

15 Aug

Rapat Koordinasi Persiapan Kenaikan Pangkat Periode Oktober 2020

Surabaya-Humas Kanreg II, Memasuki tatanan kenormalan baru, seluruh proses pelayanan dan manajemen kepegawaian oleh Kantor Regional (Kanreg) II BKN telah beroperasi dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan COVID-19. Salah satunya penerimaan usul Kenaikan Pangkat TMT 1 Oktober 2020. Mempersiapkan hal tersebut, Bidang Mutasi Kepegawaian Kanreg II BKN menyelenggarakan rapat koordinasi pada Kamis (16/7/2020). Rapat yang diselenggarakan secara daring tersebut turut mengundang seluruh Kepala BKD/BKPP/BKPSDM Provinsi/Kabupaten/Kota dan Kepala Kanwil/Badan/Kantor/ Balai/Rektor se-wilayah kerja Kanreg II BKN.

KP OKT

Rapat dibuka langsung oleh Tauchid Djatmiko, Kepala Kanreg II BKN. Dalam sambutannya Tauchid menekankan bahwa seluruh proses bisnis dalam usul Kenaikan Pangkat dialihkan melalui daring. "Ada pola baru dalam tatanan kerja dan kita tidak bisa mundur, yaitu layanan manajemen ASN berbasis digital. Digitaliasai pelayanan menjadi salah satu indikator dalam Sasaran Strategis BKN 2020-2024. Ini akan menjadi komitmen kita bersama dan diperlukan harmonisasi untuk mewujudkan sasaran tersebut khususnya di wilayah Jawa Timur."

w

Sementara itu, Purjiyanta selaku Kepala Bidang Mutasi Kepegawaian Kanreg II BKN sekaligus narasumber dalam dalam rapat tersebut, memaparkan alur pengajuan usul Kenaikan Pangkat dalam tatanan kenormalan baru ini. "Waktu pengajuan kenaikan pangkat mulai tanggal 1 Juni sampai 31 Agustus 2020. Selama itu kami akan langsung memverifikasi berkas yang masuk. Selanjutnya apabila masih ada dokumen bermasalah, kami beri waktu untuk melengkapi sampai 24  September," jelas Purjiyanta.

x_1

Lebih lanjut Purjiyanta menambahkan bahwa seluruh proses, mulai pengajuan, pengumpulan dokumen kelengkapan, hingga proses verifikasi, dilakukan secara online melalui AREK online maupun surat elektronik. Diharapkan seluruh proses dapat berlangsung dengan lebih mudah dan tepat waktu. -suf

 

 

 

16 Jul
Address
Jl. Letjen S.parman No.6 Waru, Kabupaten Sidoarjo
Telephone : (031) 8531038
Fax : (031) 8531038
kanreg2.surabaya@bkn.go.id
.
Instagram Feed
00000000022157
Subscribs
Dapatkan berita terbaru kami dengan mendaftarkan email anda pada form di bawah ini
©Copyright 2019, By All rights reserved
×