× Beranda Layanan Survey & Statistika Pengumuman Download Produk Hukum Berita Kontak

Detail

AREK Versi 2, Update Data Kepegawaian Kapanpun Dimanapun

Sosialisasi Aplikasi Rekonsiliasi Data Kepegawaian (AREK) Online

Surabaya-Humas Kanreg 2, Setelah lolos uji vulnerabilitas oleh Kedeputian Sistem Informasi Kepegawaian Badan Kepegawaian Negara dan direplikasi oleh beberapa kantor regional (kanreg), kini Kanreg II BKN kembali meluncurkan AREK Versi 2. AREK Versi 2 merupakan pengembangan dari versi sebelumnya, dimana sekarang aplikasi rekonsiliasi data ini dapat diakses secara online

a_1

Dalam rangka memperkenalkan dan mensosialisasikan mekanisme proses bisnis AREK Versi 2, Bidang Informasi Kepegawaian Kanreg II menggelar Sosialisasi Aplikasi Rekonsiliasi Data Kepegawaian (AREK) Online pada Kamis (16/7/2020). Sosialisasi yang diselenggarakan secara online ini diikuti oleh perwakilan BKD/BKPSDM/BKPP Provinsi/Kabupaten/Kota dan instansi vertikal se-wilayah kerja Kanreg II BKN di Jawa Timur.

Anang Tri Haryono selaku Kepala Bidang Informasi Kepegawaian menjelaskan bahwa proses bisnis dalam AREK Versi 2 tidak mengalami banyak perubahan, hanya proses upload data yang tadinya harus dilakukan di Kanreg II BKN kini dapat diakses dimanapu dan kapanpun. "Tujuan dari AREK online ini untuk memudahkan pelayanan terutama di masa kenormalan baru ini. Aplikasi sudah diujicoba dengan beberapa instansi, sampai saat ini sudah terdapat 17.000 data masuk dan diharapkan peran serta semua instansi. Kami harap instansi dapat segera mengunggah data kepegawaian tanpa perlu menunggu untuk proses Kenaikan Pangkat atau Pensiun," tuturnya.

b

Lebih lanjut Anang Tri menambahkan, "Saat ini memang kami baru membuka pelayanan Kenaikan Pangkat atau Pensiun saja. Namun kedepan akan kita kembangkan pelayanan lainnya. Sehingga cukup sekali upload data, data terseimpan dan dapat digunakan lintas pelayanan."

Selain dapat mengakses secara online, pengguna AREK Versi 2 juga dapat mengecek status kelengkapan data kepegawaian yang telah diunggahDavid Apriyanto selaku narasumber dalam sosialisasi tersebut menjelaskan, "Setelah data diunggah dan diverifikasi oleh Bidang Pensiun dan Mutasi Kanreg II BKN, maka pengguna dari masing-masing instansi akan mendapatkan notifikasi status kelengkapan data yang diunggah melalui web services. Saat ini baru 13 instansi yag telah menggunakan web services."

d_1

Sementara itu, Tauchid Djatmiko, Kepala Kanreg II BKN menekankan pada keamanan data kepegawaian. "Satu hal yang penting untuk diperhatikan adalah terkait keamanan data kepegawaian. Mengingat hal tersebut mengambil peran vital dan utama terhadap pelayanan kepegawaian dan kalau tidak bisa memanfaatkan secara optimal dapat menimbulkan permasalahan," tutupnya. -suf

©Copyright 2019, By All rights reserved
×