× Beranda Layanan Survey & Statistika Pengumuman Download Produk Hukum Berita Kontak

Detail

AREK Siap Resmikan Fitur Baru

Surabaya - Kantor Regional II BKN menggelar sosialisasi fitur terbaru AREK, yaitu usul kartu identitas PNS (kartu pegawai, kartu istri, kartu suami). Kegiatan diselenggarakan di Ruang Rapat I pada Kamis (19/02). Kegiatan diinisiasi oleh Bidang Informasi Kepegawaian (INKA) Kanreg II BKN yang juga merupakan pengembang dari aplikasi AREK. Sosialiasi diikuti oleh pegawai Bidang Mutasi dan Status Kepegawaian Kanreg II BKN yang merupakan penyelenggara usul kartu kepegawaian PNS. Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Bidang INKA (Anang Triharjono), Koordinator Seksi Pemanfaatan Teknologi Informasi (Sri Hartini), dan Koordinator Seksi Status Kepegawaian (Winarno).

 

Saat ini fitur tersebut memasuki tahap sosialisasi internal. Selanjutnya fitur akan disosialisasikan kepada instansi daerah dan vertikal di wilayah kerja Jawa Timur, sebelum digunakan secara resmi. Dalam paparannya Sri Hartini mengharapkan internal Kanreg II BKN memahami seluruh proses usul kartu PNS secara online. "Saya harap kita (Kanreg II BKN) memahami seluruh prosesnya. Karena kita bukan sekedar verifikator melainkan juga fasilitator, sehingga kita bisa membina instansi daerah maupun vertikal," tuturnya.

Pada dasarnya proses bisnis pengusulan kartu kepegawaian PNS melalui AREK ini sama dengan pengusulan secara manual. Hanya saja berkas persyaratan dikumpulkan dalam bentuk berkas digital (file) dan seluruh prosesnya dilakukan secara daring di dalam aplikasi AREK. David Apriyanto, salah satu Pranata Komputer pengembang AREK menuturkan, "Untuk verifikasi kebenaran data, tidak perlu mencocokkan dengan SAPK lagi karena data sudah otomatis terintegrasi dengan SAPK. Dan apabila terdapat kesalahan tidak perlu dikembalikan ke instansi, dapat langsung diperbaiki di aplikasi".

Melalui fitur baru AREK ini diharapkan proses pengusulan kartu kepegawaian oleh PNS di wilayah Jawa Timur lebih mudah dan cepat. Proses digitalisasi ini juga menjadi langkah antisipatif munculnya gratifikasi dalam pelayanan kepegawaian. Kedepan, Kanreg II BKN akan terus mengevaluasi danmengembangkan berbagai fitur pelayanan kepegawaian melalui AREK. - suf

©Copyright 2019, By All rights reserved
×