× Beranda Layanan Survey & Statistika Pengumuman Download Produk Hukum Berita Kontak

Detail

Mulai Hari Ini, Usul Kartu Kepegawaian Dilakukan Secara Online

Surabaya - Humas BKN II, Mulai hari ini, seluruh usul kartu kepegawaian (kartu kepegawaian dan kartu istri/suami) resmi dilakukan secara online melalui aplikasi AREK. Upaya ini merupakan tindaklanjut pasca sosialiasi kepada instansi daerah dan instansi pusat di wilayah kerja jawa Timur. Sosialisasi diselenggarakan secara virtual pada Rabu (24/02) kemarin. 

"Per 25 Februari kita (Kanreg II BKN) tidak menerima usul manual, seluruh usul karpeg dan karis/karsu diajukan melalui AREK. Begitu pula dengan proses verifikasi yang kami lakukan. Sehingga jika ada kekurangan berkas persyaratan juga akan diinformasikan melalui aplikasi. Pengusul dapat melihat status berkas yang diusulkan apakah di setujui (ACC) atau tidak (BTL/TMS), serta alasan tidak disetujui," tutur Sri Hartini, Koordinator Seksi Pemanfaatan Teknologi Informasi kanreg II BKN.

Dalam sosialisasi tersebut dijelaskan seluruh proses pengusulan hingga berkas-berkas peryaratan dan proses cetak berkas. Koordinator Seksi Status Kepegawaian, Winarno menambahkan, "Walaupun usul sudah kami hentikan sejak Bulan November namun tetap ada usul manual yang masuk ke Kanreg II BKN, mengingat memang load usul karpeg/karis/karsu ini sangat tinggi setiap harinya. Maka instansi yang sudah terlanjur mengusulkan manual, dalam kurun waktu November hingga saat ini, dimohon untuk segera melakukan koordinasi dengan tim di Seksi Status Kepegawaian".

Tidak hanya usul kartu kepegawaian, PNS di wilayah kerja Jawa Timur juga dapat mengusulkan pelayanan kepegawaian lainnya (pensiun, mutasi, dll), cukup  dengan satu kali unggah data kepegawaian. "Satu persatu pelayanan kepegawaian di Kanreg II BKN akan terintegrasi di dalam aplikasi AREK. PNS yang akan melakukan pelayanan kepegawaian silahkan mengajukan usul ke BKD atau bagian kepegawaian instansi yang merupakan pengguna AREK. Selanjutnya BKD atau bagian kepegawaian akan mengunggah file-file yang disyaratkan. Cukup satu kali unggah, sudah bisa mengajukan berbagai pelayanan kepegawaian berkali-kali," tutur David Apriyanto.

David juga menambahkan, "Dalam masa uji coba ini kami tidak menutup kemungkinan adanya kendala. Oleh karena itu silahkan segera hubungi kami untuk setiap kendala yang ditemui". -suf

©Copyright 2019, By All rights reserved
×