× Beranda Layanan Survey & Statistika Pengumuman Download Produk Hukum Berita Kontak

Detail

BKN Uji Coba Fitur Face Recognition Melalui Simulasi CAT

BKN Uji Coba Fitur Face Recognition Melalui Simulasi CAT

Sidoarjo - Humas Kanreg II BKN, Badan Kepegawaian Negara (BKN) kembali menggelar simulasi CAT di seluruh Kantor Regional (Kanreg) dan Unit Pelayanan Teknis (UPT). Kanreg II BKN Surabaya menjadi salah satu yang turut menyelenggarakan simulasi. Simulasi berlangsung di Ruang CAT Kanreg II BKN selama dua hari (3-4 Mei 2021). Sebanyak 521 peserta berbartisipasi dalam simulasi tersebut, seluruhnya merupakan calon peserta seleksi Sekolah Kedinasan 2021.

1 (2)_1

Simulasi ini digelar untuk menguji coba fitur terbaru CAT BKN, yaitu Face Recognition. Koordinator Pemanfaatan Teknologi Informasi Bidang Informasi Kepegawaian, Sri Hartini mengungkapkan, "Fitur Face Recognition ini mampu menganalisa wajah peserta ketika log in ke sistem CAT dan mencocokannya dengan foto peserta yang diambil pada saat registrasi. Sehingga dapat mengantisipasi adanya percaloan dalam seleksi menggunakan sistem CAT".

2_2

Lebih lanjut, Sri juga menambahkan,"Setelah fitur ini dikembangkan oleh Pusat Pengembanagan Sistem Seleksi (PPSS) BKN, sekarang memasuki tahap uji coba. Kedepan jika sudah siap, fitur ini akan digunakan dalam berbagai seleksi menggunakan sistem CAT, baik seleksi Sekolah Kedinasan, CPNS, maupun CPPPK".

Selain uji coba Fitur Face Recognition, simulasi ini juga bertujuan untuk persiapan menyambut seleksi-seleksi yang akan digelar tahun 2021 ini. Hal tersebut disampaikan oleh Heru Purwaka, Kepala Kanreg II BKN. "Ini (simulasi) merupakan salah satu upaya kami untuk mempersiapkan seleksi yang akan datang. Sehingga mampu meminimalisasi hambatan dan benar-benar siap dari segi SDM maupun sistem. Bagitu pula untuk peserta Sekolah Kedinasan, CPNS, maupun CPPPK, bisa menjadi salah satu sarana untuk mempersiapkan diri," jelasnya.

5

Seluruh tahapan simulasi dilakukan dengan mematuhi protokol kesehatan COVID-19 mengingat kondisi pasca pandemi yang masih harus diwaspadai. Peserta dan panitia diwajibkan menggunakan masker, menjaga jarak fisik, membawa alat tulis pribadi, hingga menunjukkan hasil negatif tes Antigen/PCR/Genose. Disediakan pula fasilitas tes Genose di lokasi simulasi, bekerja sama dengan Politeknik Penerbangan Surabaya. -suf

©Copyright 2019, By All rights reserved
×