× Beranda Layanan Survey & Statistika Pengumuman Download Produk Hukum Berita Kontak

Detail

Kanreg V BKN Studi Banding Pelayanan K3 Melalui AREK

Surabaya - Humas Kanreg II BKN, Replikasi sistem pelayanan antar unit kerja dalam instansi pemerintah dirasakan cukup efektif mempermudah dan mempercepat proses pelayanan itu sendiri. Dapat dilihat dalam proses replikasi yang dilakukan oleh beberapa kantor regional BKN terhadap sistem pelayanan kepegawaian digital melalui AREK. Beberapa bulan lalu AREK meluncurkan fitur terbarunya yaitu usul Kartu Kepegawaian, Kartu Istri, dan Kartu Suami (K3), dimana seluruh proses mulai dari pengajuan, verifikasi dokumen persyaratan hingga proses pembuatan kartu dilakukan melalui aplikasi AREK. 

Adanya penambahan fitur baru AREK ini melatarbelakangi Kanreg V BKN Jakarta untuk melakukan studi banding. Studi Banding yang dilakukan selama dua hari (27-28 Mei 2021) tersebut diikuti oleh Suharyati, Kepala Bidang Informasi Kepegawaian dan beberapa Pranata Komputer Kanreg V BKN Jakarta. Dalam kesempatan tersebut Suharyati menuturkan, "Kunjungan kami disini utk melihat secara langsung alur dan cara kerja pelayanan kepegawaian dengan menggunakan AREK yang nantinya akan kami implementasikan dengan aplikasi SiOndel pada Kanreg V BKN Jakarta, dan harapan kami agar semua pelayanan yg ada bisa berjalan lebih cepat, transparan dan akuntabel".

Kanreg II BKN menyambut baik dan menjadikan studi banding kali ini sebagai media evaluasi terhadap aplikasi AREK. "Pada dasarnya kita (Kanreg II BKN dan Kanreg V BKN) menghadapi hambatan yang sama karena pelayanan yang kita berikan sama-sama di bidang kepegawaian. Permasalahan penumpukan berkas yang menyebabkan lamanya proses pelayanan. Namun saat ini telah dapat teratasi dengan adanya aplikasi AREK yang kemudian berkembang dan diimplementasikan di kanreg lain salah satunya Kanreg V BKN dengan aplikasi SiOndel," tutur Anang Triharjono selaku Kepala Bidang Informasi Kepegawaian Kanreg II BKN. 

Tujuan akhir dari studi banding dan replikasi ini adalah efektivitas dan efisiensi pelayanan kepegawaian melalui konsep peperless. Suharyati menambahkan "Terimakasih saya ucapkan kepada Kakanreg II BKN Surabaya dan Tim, khususnya dari bidang Inka serta bidang Mutasi yg telah menerima dan memfasilitasi kami dalam kegiatan persiapan replikasi AREK, dimana hampir seluruh layanan kepegawaian di Kanreg II BKN Surabaya sudah tidak lagi membutuhkan berkas secara fisik (paperless)". -suf 

 

©Copyright 2019, By All rights reserved
×