× Beranda Layanan Survey & Statistika Pengumuman Download Produk Hukum Berita Kontak

Detail

Sosialisasi Permenpan-RB Nomor 6 Tahun 2022 tentang Pengelolaan Kinerja Pegawai ASN

Surabaya - Humas Kanreg II BKN, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) baru saja mengeluarkan peraturan pembaharuan terkait penyusunan pelaporan kinerja bagi Aparatur Sipil Negara (ASN). Peraturan tersebut tertuang dalam Permenpan RB Nomor 6 Tahun 2022 tentang Pengelolaan Kinerja Pegawai Aparatur Sipil Negara.

1-min (9)_5

Menyikapi pembaharuan tersebut, Kanreg II BKN Surabaya menyelenggarakan sosialisasi bagi internal pegawai pada Rabu (29/06/2022) di Ruang Rapat 1 Kanreg II BKN. Nurchasanah, Kepala Bidang Pengembangan dan Supervisi Kepegawaian Kanreg II BKN Surabaya menuturkan, “Sosialisasi ini dimaksudkan untuk mempercepat pemahaman internal, agar dapat segera disosialisasikan ke seluruh ASN di wilayah kerja se-Jawa Timur. Mengingat regulasi ini sudah ditetapkan pada Februari 2022 lalu”.

Secara lebih rinci, peraturan tersebut mengatur standar penyusunan Sasaran Kinerja Pegawai (SKP) dan penilaiannya. Mekanisme penyusunan dan penilaiannya sendiri tidak jauh berbeda dengan peraturan sebelumnya, yaitu Permenpan RB Nomor 8 Tahun 2021 Tentang Sistem Manajemen Kinerja Pegawai Negeri Sipil. “Berdasarkan regulasi terbaru, penilaian SKP tidak hanya mengukur ketercapaian target kinerja secara kuantitatif saja. Akan tetapi atasan juga dapat menilai secara kualitatif proses kerja bawahannya, karena atasan yang tahu kinerja bawahannya. Sehingga dapat mengantisipasi adanya ketimpangan antara kinerja dan hasil kerjanya,” jelas Samsul Hidayat, Analis Kepegawaian Madya BKN yang hadir sebagai narasumber. 

Sosialisasi diikuti oleh perwakilan bidang-bidang di kanreg II BKN. Sementara itu Kepala Kanreg II BKN, Mohammad Ridwan dalam sambutannya menyampaikan bahwa ini merupakan langkah awal sebelum nantinya diadakan sosialisasi mendalam untuk seluruh pegawai. (suf)

 

©Copyright 2019, By All rights reserved
×