Surabaya – Humas Kanreg II BKN, CAT BKN semakin menunjukan taringnya sebagai sistem seleksi yang kredibel. Selain seleksi CASN dan Sekolah Kedinasan, untuk pertama kalinya Tes Kompetensi Dasar (TKD) Akademi TNI juga diselenggarakan menggunakan CAT BKN.

Mohammad Ridwan, Kepala Kanreg II BKN menyambut dengan baik inisiasi tersebut saat membuka langsung TKD Akademi TNI, “Suatu kerhormatan untuk Kanreg II BKN, pertama kalinya kami memfasilitasi seleksi calon taruna Akademi TNI”.

Sebanyak 1.640 peserta dijadwalkan mengikuti seleksi yang digelar selama dua hari, 2 sampai 3 Mei 2024. Peserta dibagi dalam lima sesi ujian, tiga sesi pada hari Kamis dan dua sesi pada hari Jumat. Kanreg II BKN sendiri menyiapkan tiga ruang ujian CAT BKN dengan kapasitas total 350 personal computer.

Dengan persiapan yang matang, sesi satu terlaksana dengan lancar tanpa adanya kendala berarti. Rosita, Pranata Komputer Kanreg II BKN sekaligus petugas admin CAT BKN menyebutkan, “Untuk sesi satu ini total peserta 328 orang. Namun 7 orang tidak hadir, sehingga tes diikuti oleh 321”.

Lebih lanjut, Mohammad Riwan menuturkan harapannya. “Dengan adanya kerja sama fasilitasi CAT BKN ini kami harapkan seleksi calon tarun Akademi TNI lebih bersih dari sega bentuk kecurangan karena hasil seleksi transparan dan tentunya dapat dipertanggungjawabkan. Melalui CAT BKN kita lahirkan taruna-taruna yang professional dan siap mengabdi untuk negeri,” tuturnya. (cup)