Sidoarjo – Humas Kanreg II BKN, Computer Assissted Test (CAT) yang dikembangkan oleh Badan Kepegawaian Negara telah menjadi sistem yang teruji akuntabel, efektif, dan efisien untuk penyelenggaraan seleksi berskala nasional. Selain digunakan dalam seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN), CAT BKN juga memfasilitasi penyelenggaraan berbagai assessment terutama untuk instansi pemerintah .

Kepolisian Republik Indonesia (Polri) menjadi salah satu instansi pemerintah yang memanfaatkan fasilitas tersebut. Pada Hari Kamis (06/06) Polri menggelar Ujian Dinas Kenaikan Pangkat (UDKP) Tingkat I dan II serta Ujian Dinas Penyetaraan Ijazah (UDPI). Ujian Dinas di selenggarakan di Ruang CAT Kanreg II BKN Surabaya dengan jumlah peserta 87 orang.

Darmuji, Kepala Kantor Regional II BKN menyambut baik para peserta ujian. “Kami ucapkan selamat datang dalam ujian dinas menggunakan sistem CAT BKN. Ujian dinas ini ibarat anak sekolah yang mau naik kelas. Kalau Bapak/Ibu tentunya naik jenjang. Maka untuk bisa naik kelas, naik jenjang harus diuji terlebih dahulu,” tuturnya.

Lebih lanjut, Darmuji menambahkan keunggulan mengikuti ujian menggunakan CAT BKN. Beliau menyebutkan, “Tujuannya diselenggarakannya ujian dinas menggunakan CAT BKN tidak lain agar lebih obyektif, kerena sistem CAT BKN ini transparan dan hasilnya langsung keluar”. (cup)