Sidoarjo - Humas Kanreg II BKN Surabaya, Pendaftaran CASN 2023 akan segera digelar pada 16 September mendatang. Seperti tahun-tahun sebelumnya pendaftaran dilakukan melalui portal sscasn.bkn.go.id. Untuk memastikan sistem didalamnya benar-benar matang, BKN melakukan validasi formasi sebelum diumumkan secara resmi. 

"Tugas kami (Kanreg II BKN) adalah memvalidasi atau melakukan pengecekan dan memastikan bahwa formasi yang ditetapkan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan reformasi Birokrasi (KemenPANRB) sama dengan formasi yang dientri oleh instansi daerah di SSCASN. Masing-masing Kanreg bertanggungjawab atas instansi daerah di wilayah kerja masing-masing," tutur Nur Arifah, Pranata Komputer sekaligus tim validasi formasi Kanreg II BKN.

Sebelum memulai validasi, Direktorat Pembangunan dan Pengembangan Sistem Informasi Aparatur Sipil Negara (PPSIASN) BKN menggelar Bimbingan Teknis Validasi Formasi CASN 2023 pada Selasa (12/09/2023). Bimtek yang digelar secara daring melalui Zoom meeting tersebut bertujuan untuk memaparkan teknis validasi dan menyamakan persepsi seluruh tim validasi yang tersebar di masing-masi Kantor Regional. Di Kanreg II BKN sendiri tim validasi terdiri dari beberapa pegawai utamanya Pranata Komputer.

Mohammad Ridwan, Kepala Kanreg II BKN yang turut bergabung dalam bimtek menyampaikan, "Besok merupakan deadline bagi instansi daerah untuk mengentri formasi. Begitu proses entri selesai, tim validasi harus segera bekerja secara efisien dan efektif. Efisien mengingat waktu yang kita miliki terbatas, namun tetap harus efektif hasilnya, kita usahakan zero mistake.